Tips Sukses Bisnis Kue Rumahan Modal Kecil

Inilah hal yang bisa kami berikan hari ini yaitu mengenai bisnis rumah. Kali ini hal yang terpenting kami berikan adalah tips sukses bisnis kue rumahan modal kecil yang kekinian.

Salah satu lini bisnis yang sering digeluti ibu rumah tangga karena sifatnya yang fleksibel dan bisa dijalankan di rumah adalah katering atau kue. Khusus kue, terutama kue kekinian, modal yang dibutuhkan pun relatif kecil. Jika tidak ada modal, pinjaman KTA bisa dijadikan sumbernya. Nah, agar bisnis rumahan ini sukses, coba simak dan terapkan tips-tips berikut.

Tips sukses bisnis kue rumahan modal kecil yang kekinian:

tips sukses bisnis kue rumahan modal kecil

1. Membuat Peta Perencanaan

Bagi Anda yang pernah mengikuti seminar bisnis dan kewirausahaan, membuat peta konsep atau perencanaan tentu bukan hal yang sulit. Tapi, jika Anda belum pernah membuatnya, Anda bisa mencoba membuat pohon dengan berbagai cabang di atas permukaan maupaun cabang pada bagian akarnya.

Tiap cabangnya dibuat bercabang lagi sehingga menjadi semakin spesifik. Pertama, buat lingkaran kecil yang diisi tulisan ‘Bisnis Kue Kekinian’, lalu buat beberapa cabang atau akar. Misal, cabang pertama diisi modal. Nah, Anda cabang-cabangkan lagi berdasarkan sumber modal yang Anda pilih, seperti tabungan, pinjaman ke tetangga, dan pinjaman KTA.

Selanjutnya, cabang kedua bisa diisi dengan jenis atau varian rasa kue yang akan dijual. Anda bisa belajar dari bisnis kue kekinian yang kini banyak digeluti sebagian artis. Jadikan kue-kue mereka sebagai sumber inspirasi dan temukan sendiri ide kue kekinian yang menjadi ciri khas bisnis kue Anda.

2. Memanfaatkan Momen Khusus

Permintaan kue rumahan biasanya meningkat saat perayaan hari besar keagamaan semisal Lebaran Idul Fitri dan Idul Adha. Momen-momen seperti inilah yang sudah seharusnya Anda manfaatkan sebaik mungkin sehingga bisa mendapat banyak orderan. Makin banyak ayang order tentu makin tinggi omzet dan keuntungan yang bisa Anda peroleh.

Gunakan dana pinjaman KTA untuk dijadikan modalnya mengingat meningkatnya jumlah pesanan juga berbanding lurus dengan modal yang dibutuhkan untuk membuat kue tersebut. Mungkin pelanggan memberi Anda uang muka terlebih dahulu, kadang jumlahnya tidak bisa menutupi biaya pembuatan kue secara keseluruhan.

3. Buat Target Penjualan

Seperti halnya perencanaan, menentukan target penjualan juga penting untuk dilakukan. Tapi, usahakan untuk tetap realistis. Jadi, jangan samakan target penjualan hari-hari biasa dengan perayaan hari besar keagamaan seperti target penjualan. Hal ini dikarenakan pembuatan kue yang terlalu banyak pada hari biasa bisa menyebabkan kerugian.

Target penjualan ini harus dibarengi dengan usaha Anda dalam melakukan promosi. Semakin gencar promosinya, maka semakin besar pula kemungkinan untuk orang-orang tertarik pada kue rumahan buatan Anda.

4.  Menjaga Kualitas dan Kepercayaan Pelanggan

Selanjutnya, gunakan dana pinjaman KTA untuk tetap menjaga kualitas kue dan kepercayaan pelanggan. Contohnya dari tampilan kue. Kedua, pelayanan yang ramah. Ketiga, meningkatkan kualitas kue (tampilan dan rasa). Apalagi jika Anda menambah layanan delivery, usahakan untuk tidak menyepelekan tampilan dan rasa ini.

Jika hal ini sampai terjadi, maka orderan ini bisa menjadi orderan terakhir dari pelanggan tersebut. Nah, untuk menjaga dan meningkatkan kualitas tampilan dan rasa ini, jangan segan untun terus belajar dan melakukan riset atau studi banding. Caranya, beli kue rumahan terpopuler dari teman sekaligus rival bisnia kue Anda lalu temukan keunikan di dalamnya.

5. Buat Brand atau Nama Produk

Nama produk juga turut mempengaruhi bisnis kue yang Anda geluti. Makin unik, mudah diingat, dan diucapkan nama produk Anda tersebut, tentu semakin membuat orang tertarik. Apalagi jika Anda menawarkan beberapa varian rasa.

Jika calon pelanggan tidak menyukai satu varian, bisa jadi varian lainnya akan disukai. Oleh karena itu, pandai-pandailah mencari rasa unik dan kekinian, seperti red velvet, teh hijau, aneka buah beri (stroberi, blueberry, dan raspberry), serta yang lainnya.

Selain itu, usahakan agar Anda bisa memanfaatkan pinjaman KTA ini sebaik mungkin sehingga modal kecil bisa menghasilkan profit besar. Hal inilah yang menjadi ciri utama kesuksesan seseorang. Nah, pinjaman modal besar maupun kecil ini bisa Anda peroleh dari Tunaiku.

Postingan terkait: