Taman Nasional Way Kambas

Way Kambas National Park atau taman national way kambas sebagai tempat tinggal salah satu hewan raksasa di dunia terdapat di Sumatera.

Masih ingat Bona si gajah kecil berbelalai panjang? Hemm.. Yang tau mereka siapa pasti umurnya udah tua, nih.. Hahahaha, canda! Kali ini kita akan membahas tempat tinggal Bona versi nyata alias gajah, raksasa yang lembut. Ada yang tau di mana tempat tinggal si raksasa ini? kebun binatang? Yak... Kurang tepat! Jawabannya adalah Taman Nasional Way Kambas, Lampung. Tepatnya di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur. Jujur, saya pengin banget berkunjung ke Way Kambas, makanya sekarang lagi rajin nyari promo tiket pesawat murah untuk ke Lampung, hehehe... Sebelum melancong ke sana, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui, biar agak pinter dikit gitu, lho..

Taman Nasional Way Kambas
Sumber foto: http://elephant-family.org/wp-content/uploads/2015/06/Anti-poaching-patrols-waykambas-sumatra.jpg

Sejarah Taman Nasional Way Kambas

Sejarah Taman Nasional Way Kambas
Sumber foto: https://i.pinimg.com/originals/02/92/44/0292448dbd59ca815207e400deea9cbb.jpg

Gajah Sumatera adalah subspesies gajah Asia dan hanya ditemukan di Sumatera dan Kalimantan. Taman Nasional Way Kambas (TNWK) udah berdiri sejak zaman baheula. Tepatnya zaman Hinda-Belanda, sekitar tahun 1920-an. Hal ini menjadikan TNWK sbagai satu dari sekian banyaknya taman nasional tertua di Indonesia. Pada saat berdiri, TNWK belum menjadi kawasan konservasi, masih sebagai hutan lindung. Baru pada tahun 1936, kawasan ini dibangun oleh Resident Lampung, yaitu Mr. Rookmaker. TNWK menempati lahan sekitar 1.300 km persegi di dataran rendah sekitar Sungai Way Kambas, pantai timur Lampung.

Dulunya, TNWK menjadi rumah untuk berbagai satwa liar, seperti tapir, gajah Sumatera, enam jenis primata, rusa sambar, kijang, harimau Sumatera, dan beruang madu. Namun, antara tahun 1968 - 1974, TNWK sempat mengalami kerusakan habitat yang parah karena dibuka untuk Hak Pengusahaan Hutan. Hal ini mengakibatkan kawasan hutan mengalami kerusakan, bahkan satwanya banyak yang mati. Sedih... setelah kejadian tersebut, sampai saat ini TNWK dihuni oleh lima mamalia besar alias The Big 5 Mammals, yaitu tapir, gajah Sumatera, badak Sumatera, harimau Sumatera, dan beruang madu yang sangat dilindungi, diperhatikan dan dihujani kasih sayang oleh para pengurusnya. Beli promo tiket pesawat murah dan ikut menyayangi mereka dengan datang serta belajar langsung di Taman Nasional Way Kambas!

Akses menuju Taman Nasional Way Kambas

Akses menuju Taman Nasional Way Kambas
Sumber foto: https://img.jakpost.net/c/2017/09/09/2017_09_09_32256_1504936405._large.jpg
Setelah sampai di Bandar Lampung dengan kekuatan promo tiket pesawat murah, rute paling sederhana adalah naik bus dari Terminal Rajabasa di Bandar Lampung ke arah Way Jepara. lalu turun di batu gajah, Desa Rajabasa Lama, Way Jepara, dan lanjutkan perjalanan dengan naik ojek ke Way Kanan atau Elephant Training Centre (ETC), yang merupakan pintu masuk ke TNKP. Harus diperhatikan, bus langsung yang terakhir kembali ke Rajabasa Lama akan tiba pada pukul 15.00 Waktu Indonesia Barat, jadi sebaiknya kamu tiba sebelum senja, karena pengemudi ojek dijamin mager buat ngangkut kamu sehabis maghrib. Kalau ditotal, durasi perjalanan akan memakan waktu sekitar 2-3 jam.

Lain halnya jika kamu punya jatah uang transport yang cukup besar (maklum, kan dapet promo tiket pesawat murah). kamu bisa menyewa mobil dari Bandar Lampung. Lewati Jalan Kota Bumi ke arah utara dan ikuti tanda-tanda lalu lintas gajah. Gak usah takut, pasti sampai, kok! Dari Bandar Lampung ke kabupaten Lampung timur, kondisi jalan relatif baik. Namun, ketika kamu memasuki daerah Sukadana, perjalanan akan sedikit bergelombang. Nah, dari pasar Way Jepara ke pintu masuk TNWK, yang berjarak sekitar 5 km kondisi jalannya agak sedikit buruk, jadi persiapkan staminamu, ya!

Hewan raksasa yang terdapat di Taman Nasional Way Kambas


Yaitu Gajah Sumatera. Gajah adalah hewan lembut dan cerdas. Mereka bahkan bisa mengenali dirinya sendiri di cermin. Gajah juga dapat mempelajari dan membedakan sesuatu secara visual dan akustik. Yang paling hebat, nih, mereka punya ingatan yang super kuat! Jadi jangan pernah menyakiti gajah dan hewan lainnya, ya. Karena mereka akan selalu ingat sampai akhir hayatnya. Hargai makhluk hidup yang ada di bumi sebagaimana kamu mau dihargai. Jadi, kapan mau pesan promo tiket pesawat murah ke Lampung? Selamat liburan!

Postingan terkait: