Peringatan Hari Guru Nasional (HGN)

Hello teman-teman setia formulablogger.com. Tepat sekali dari apa yang kunjungi. Yaitu, peringatan Hari Guru Nasional (HGN). Emang, masih ada aja yang bertanya dan merasa bingung, hari jadi untuk perayaan ulang tahun atau Hari guru nasional tanggal berapa jatuhnya dalam memperingatinya.


Peringatan Hari Guru Nasional (HGN)

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan atau kata lainnya disingkat Kemdikbud melalui GTK atau Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan dengan berbagai organisasi guru yang ada di Tanah air ini, menyatakan bahwa sepakat untuk merayakan puncak Hari Guru Nasional di tanggal dan bulan, 27 November. Tentu, hal ini menjadi menarik, mengapa? Karena lantaran tahun lalu Kemdikbud dan juga PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) dalam merayakan hari besar guru ini dirayakannya di waktu yang berbeda-beda.

Jika kita baca di Wikipedia, masih tanggal dan bulan sama di tahun-tahun sebelumnya. Yaitu 25 November. Tanggal dan bulan tersebut masih belum jelas. Artinya, diperuntukkan kepada di siapa? Untuk siswa/i kah atau berbagai kepentingan di dunia pendidikan. Untuk itu, artikel tersebut masih mengikuti perayaan hari guru di tahun-tahun sebelumnya. Di Hari Guru Nasional (HGN) ini bisa jadi kedepannya akan ada perubahan atas dasar kesepakatan bersama dengan berbagai petinggi dan guru di Indonesia puncaknya di 27 November diikut sertakan dalam tulisan. Di tahun 2016, Kami membaca berbagai informasi bahwa HGN sudah dari dulu ditetapkan Undang-Undangnya. 

Keputusan Presiden HGN (Hari Guru Nasional)

Berdasarkan Keputusan Presiden di no. 78 Tahun 1994. Ditetapkan 25 November HGN dan ini pula bertepatan di tanggal dan bulan yang sama dalam pembentukan PGRI pada 25 November 1945. Berdasarkan majalah online lainnya, 27 November merupakan hari guru se Indonesia yang sudah disepakati bersama untuk merayakannya. Jadi, tanggal berapa jatuhnya HGN? Dalam tulisan ini belum secara keseluruhannya dapat disimpulkan. Akan tetapi, berdasarkan logika yang tanggap adalah 25 November adalah Hari Guru Nasional untuk anak didik bersama di setiap provinsi merayakannya. Sedangkan 27 November merupakan dimana hari puncak semua guru-guru yang ada di Indonesia merayakan dan bertemu bersama. Dari Sabang dan marauke. Bisa jadi, di 27 November ini turut di undang Presiden RI.

Perayaan ini sangatlah penting. Selain bersalam-salaman, upacara dan lain-lainya juga di hari ini merupakan ajang silaturahmi. Perlu diketahui bahwa, tidak hanya hari besar agama saja bisa sama seperti itu. Akan tetapi, di HGN pun bisa di masing-masing guru dan anak didik.

Untuk itu, selamat hari guru semua guru-guru Indonesia. Dirgahayu guru guru Indonesia. Kami berharap semua guru-guru tercinta Jaya, makmur dan selalu diperhatikan kerja keras mu.

Postingan terkait: