Tips Memilih Asuransi Kesehatan

Tips memilih asuransi kesehatan - Dengan banyaknya penyakit yang ada saat ini penting bagi Anda untuk mengikuti asuransi kesehatan yang baik. Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika sedang mengikuti asuransi seperti ini, terutama untuk kesehatan Anda sendiri. Seperti Anda ketahui bahwa saat ini ada banyak sekali penyakit yang membutuhkan perawatan secara intensif. Anda tentu tidak ingin sakit bukan! Namun ini adalah salah satu tindakan pencegahan jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Namun tidak semua perusahaan asuransi dapat memberikan pelayanan yang prima. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan bebelum mengikuti asuransi kesehatan seperti ini ;

Tips Memilih Asuransi Kesehatan

Inilah tips memilih asuransi kesehatan:

1. Cari perusahaan asuransi yang benar-benar bagus

Ada baiknya jika Anda mencari perusahaan asuransi yang benar-benar bagus dan terpercaya, hal ini perlu Anda lakukan, karena ini ada hubungannya dengan kesehatan dan uang yang anda asuransikan. Anda dapat bertanya degan agen asuransi yang ditunjuk dan menanyakan beberapa hal detai yang perlu diketahui. Ini penting agar Anda mendapatkan informasi yang jelas mengenai perusahaan tersebut dan juga seberapa cepat klaim asuransi yang akan Anda dapatkan.

2. Sebaiknya menggunakan sistem Cachless

Menggunakan sistem cashless adalah sistem penggantian klaim dengan menggunakan kartu. Keuntungan menggunakan kartu ini, maka peserta asuransi kesehatan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menalangi biaya awal rumah sakit.

Menggunakan sistem cachless berbeda dengan sistem reimbursement. Menggunakan sistem reimbursement cenderung kurang praktis, dimana pengguna asuransi harus menalangi dahulu biaya rumah sakit, yang kemudian uang tersebut akan digantikan pilah asuransi jika klaim disetujui. Maka  dari itu ada baiknya jika Anda mencari perusahaan asuransi kesehatan yang menggunakan sistem cachless.

3. Dapat diterima di berbagai rumah sakit

Ini juga penting untuk Anda ketahui, ada baiknya jika menanyakan hal ini pada agen asuransi pilihan Anda. Cari tahu apakah asuransi yang Anda ikuti ini dapat diterima di berbagai rumah sakit. Ini penting untuk Anda ketahui agar ketika terjadi sesuatu Anda dapat diterima di berbagai rumah sakit, tanpa perlu menanyakan apakah rumah sakit yang Anda datangi tersebut termasuk ke dalam daftar rumah sakit dalam asuransi yang anda ikuti.

4. Sebaiknya mengikuti asuransi kesehatan keluarga

Menggunakan sistem asuransi kesehatan keluarga tentunya cenderung lebih efektif ketimbang megikuti asuransi kesehatan sendiri. Mengikuti sistem ini maka akan mengcover semua anggota keluarga seperti ayah, ibu, dan anak-anak. Biaya yang harus Anda keluarkan setiap bulannya mungkin cenderung agak besar, namun setidaknya ini adalah salah satu tabungan jika memang terjadi sesuatu. Anda dapat menanyakan pada agen asuransi pilihan Anda apakah mereka mempunyai program asuransi kesehatan keluarga atau tidak.

5. Cara penggantian klaim

Sebetulnya ada 2 macam jenis penggantian asuransi yang ada saat ini, yaitu ;

Penggantian berdasarkan tagihan dari biaya rumah sakit

Penggantian yang pertama adalah berdasarkan tagihan rumah sakit yag dikeluarkan. Asuransi kesetahan seperti ini memberikan rincian yang terpisah, seperti biaya kamar, biaya dokter, biaya lab, biaya obat, biaya operasi, dll. Jika mengikuti cara ini biasanya peserta tidak akan mengalami overplafond atau peserta tidak akan nombok. Semua biaya yang ada akan dibayar sesuai dengan tagihan.

6. Santunan rawat inap atau cach plan

Sistem ini tidak akan melihat berapa besar tagihan yang dikeluarkan oleh rumah sakit. Jumlah pergantian dari asuransi tetap, yaitu sebesar satuan harian yang kemudian dikalikan jumlah hari ketika dirawat. Jika Anda mengikuti cara seperti ini maka biasnya peserta harus nombok, dan biasnaya dalam jumlah yang cukup besar.

Anda sebagai peseta asuransi harus jeli melihat kebutuhan Anda, hal-hal apa saja yang dibutuhkan, dan bagaimana cara mendapatkannya.

7. Syarat rawat inap

Ada juga yang perlu Anda perhatikan selanjutnya, yaitu tentang biaya rawat inap. Ada sebaiknya menanyakan pada agen asuransi pilihan Anda tentang, apakah rawat inap harus selalu dilakukan di rumah sakit, berapa lama rawat inap yang dapat diklaim oleh rumah sakit, dll. Ini penting untuk pengetahuan Anda, jangan sampai terlena oleh asuransi tersebut.

Itu adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang asuransi kesehatan, dan untuk keterangan lainnya dapat Anda temukan di formulablogger.com.

Postingan terkait: