10 Tempat Wisata di Jakarta Barat Paling Seru Mengasyikkan

Tempat wisata di Jakarta barat selain mall - Bosan tempat wisata yang di Jakarta itu-itu saja? Coba deh ke Jakarta Barat. Objek wisata disana bisa dikatakan sangat cocok Anda seperti hunting foto salah satunya.

10 Tempat Wisata di Jakarta Barat Paling Seru Mengasyikkan
10 Tempat Wisata di jakarta Paling murah. Sumber gambar: www.goindonesia.com

Jakarta adalah kota metropolitan yang padat penduduk. Namun, tak berarti kota ini tidak memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Termasuk juga di kota Jakarta Barat.

Jakarta Barat yang banyak memiliki pusat bisnis ini pun ternyata masih punya banyak sekali simpanan tempat wisata menarik. Tempat wisata di Jakarta Barat yang paling terkenal selain mall adalah bangunan-bangunan bersejarah peninggalan Belanda.

Selain itu, Jakarta Barat pun masih punya deretan museum cantik yang bisa menambah wawasan Anda. Lalu mana saja tempat wisata di Jakarta Barat yang laing seru selain mall?

Inilah dia destinasi terbaik di jakarta barat selain mall


1. Kota Tua Batavia

Kota Tua Batavia atau yang juga sering disebut Kota Tua Jakarta merupakan sebuah kota elok peninggalan sejarah. Kota yang pernah jadi pusat perdagangan Asia di abad ke 16 ini masih meninggalkan nuansa sejarah yang kental.

Kawasan peninggalan masa penguasaan Belanda ini tampak masih asli. Untuk menambah suasana kunonya, tempat ini pun punya banyak sepeda onthel yang siap mengantarkan Anda berkeliling.

2. Museum Fatahillah (Museum Sejarah Jakarta)

Museum Sejarah Jakarta atau yang juga dikenal sebagai Museum Fatahillah ini merupakan salah satu museum paling besar di Jakarta yang juga bernilai sejarah. Bangunannya telah ada sejak tahun 1707 yang dulunya difungsikan sebagai balai kota.

Bangunan dengan gaya arsitek khas abad 17 ini kemudian dialih fungsikan sebagai museum pada tahun 1974.Museum Fatahillah kini dipenuhi dengan beragam koleksi barang arkeologi, prasasti, mebel antik, benda kebudayaan betawi, keramik, meriam, patung, dan barang-barang menarik lain.

3. Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan adalah salah satu tempat wisata peninggalan sejarah dari Jaman Belanda, dan bahkan satu-satunya yang berupa jembatan. Meski sempat rusak akibat serangan di tahun 1629, jembatan ini kemudian diperbaiki dan hingga kini masih tampak kokoh dan terjaga.

Jembatan yang terbuat dari kayu dan besi ini tampak sangat khas dan bisa jadi spot menarik untuk berfoto. Jadi, jangan coba lewatkan tempat menarik di Jakarta Barat ini ya.

4. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia merupakan tempat terbaik untuk menikmati nuansa museum modern di Jakarta. Di dalam museum ini Anda akan merasakan kenyamanan tingkat tinggi karena penataannya yang rapi, bersih, pencahayaannya pas serta AC ruangan yang tepat.

Museum Bank Indonesia juga punya manajemen yang baik berstandar internasional. Di dalam Museum Bank Indonesia, Anda bisa melihat banyak koleksi, brankas, uang kertas, emas batangan, benda keuangan, uang logam, dan lainnya. Menariknya lagi, untuk masuk museum ini, Anda tidak dikenakan biaya apapun.

5. Toko Merah

Toko Merah yang terletak di kawasan Kota Tua Jakarta ini tampak sangat mencolok. Inilah salah satu tempat wisata di Jakarta Barat yang bernuansa sejarah kental.

Bangunan yang dulunya merupakan hunian salah satu Gubernur Jendral VOC ini, memang sempat menjadi difungsikan sebagai toko oleh seorang keturunan Cina di tahun 1851. Di toko yang kabarnya menyimpan nuansa mistis ini, Anda bisa melihat kekokohan dan keunikan dari bangunan yang bernuansa warna merah ini.

6. Museum Seni Rupa dan Keramik

Satu lagi tempat wisata museum di Jakarta Barat adalah Museum Seni Rupa dan Keramik. Museum ini memiliki koleksi banyak sekali karya seni kelas internasional serta karya seniman Indonesia yang dibuat sejak tahun 1800-an.

Setidaknya ada lebih dari 400 benda koleksi seni berupa batik lukis, totem kayu, lukisan, sketsa, hingga patung dari berbagai periode waktu. Bahkan keramik lokal dan asing pun juga ada di museum ini.

7. Museum Wayang

Museum Wayang adalah tempat wisata sejarah yang menyimpan banyak sekali koleksi wayang. Setidaknya ada sekitar 6.000 wayang yang dimiliki oleh museum yang terletak di Jalan Pintu Besar Utara No.27, Jakarta Barat.

Jenis wayang yang dipamerkan di Museum Wayang ini meliputi wayang golek, wayang kulit, wayang klitik, wayang mainan, dan topeng. Wayang-wayang ini pun berasal dari berbagai wilayah di Indonesia dan masing-masingnya punya sejarah dan cerita tersendiri yang menarik. Bahkan museum ini juga punya koleksi wayang dan boneka dari luar negeri.

8. Masjid An-Nawier

Masjid An-Nawier merupakan tempat wisata religi yang sekaligus berbau sejarah. Masjid An-Nawier ini sempat menjadi pusat penyebaran agama Islam jaman dulu.

Bentuk bangunan dari Masjid An-Nawier ini pun sangat unik dan menarik karena merupakan perpaduan dari budaya asing. Uniknya, masjid ini bahkan tidak memiliki kubah layaknya masjid di Indonesia pada umumnya. Masjid yang sangat luas ini mampu menampung lebih dari 2.000 orang.

9. Gereja Sion (Gereja Portugis)

Gereja Sion atau atau yang juga dikenal sebagai Gereja Portugis merupakan sebuah gereja kuno yang menampilkan arsitektur megah dan kokoh. Gereja yang berlokasi di Jalan Pangeran Jayakarta ini pun sangat luas dan mampu menampung hingga 1.000 orang.

Gereja Kuno ini bahkan merupakan bangunan gereja paling tua yang masih berdiri dan berfungsi dengan baik. Karena, gereja-gereja lain umumnya telah beralih fungsi untuk keperluan lain.

10. Kelenteng Kim Tek Ie

Kelenteng Kim Tek Ie merupakan sebuah tempat wisata menarik yang terletak di kawasan Glodok. Di tempat ini, Anda tidak hanya dapat melihat bangunan Kelenteng yang cantik dan unik, namun juga dapat menikmati wisata kuliner dan berbelanja.

Ada banyak sekali barang-barang yang murah dan unik digelar di sekitar Kelenteng ini. Beragam makanan khas dan lezat pun tersedia di tempat ini. Hanya saja, bagi yang beragama Islam, sebelum mencicipi makanan, tanyakan dulu apakah masakan tersebut mengandung babi atau tidak.

Itulah 10 tempat wisata yang terdapat di Jakarta Barat.

Postingan terkait: