Taman Wisata Alam Pantai Indah Kapuk

Anda tahu ada sebuah taman wisata alam di Pantai Indah Kapuk? tempat wisata ini terletak di wilayah Kapuk Muara, Jakarta Utara tepatnya di ujung kawasan perumahan elitnya. Pantai Indah Kapuk juga dikenal dengan sebutan Kapuk Muara, yang kadang juga disingkat dengan sebutan PIK.

Taman Wisata Alam Pantai Indah Kapuk

Taman wisata alam pantai Indah kapuk

Taman Wisata Alam di tempat ini sering dikenal sebagai Taman Wisata Alam Angke Kapuk. Taman wisata alam Angke Kapuk merupakan suatu kawasan pelestarian alam yang berdiri di atas lahan seluas 99,82 hektar.

Selain untuk konservasi alam, taman wisata alam angke kapuk ini pun juga dimanfaatkan untuk kegiatan wisata alam yang utamanya mengarah pada ecotourism. Tanaman yang dilestarikan di kawasan ini terutama adalah Tanaman Mangrove. Itulah sebabnya taman wisata alam ini juga disering disebut sebagai taman wisata mangrove.

Untuk menikmati wisata alam di dalam taman ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sekitar Rp 10.000. Setelah berhasil memasuki taman ini, Anda pun akan disuguhi pemandangan alam nan hijau dan subur, yang kebanyakan adalah tanaman Mangrove. Kondisi lahannya yang berupa lahan basah membuat tanaman Mangrove dapat tumbuh subur menjadi vegetasi utama di wilayah ini.

Pesona tempat liburan alam hutan mangrove

Di tempat ini, Anda pun bisa belajar banyak hal tentang tanaman Mangrove. Setiap jenis tanaman mangrove yang ada di taman ini akan dicantumi label informasi sekaligus fungsinya. Tentu wisata seperti ini akan sangat bermanfaat bagi anak-anak agar lebih mengenal sekaligus mencintai alam.

Selain belajar tentang alam mangrove, di taman ini Anda juga bisa belajar tentang beragam burung dan hewan-hewan lain. Menarikya, burung-burung yang ada di kawasan ini dibiarkan terbang secara bebas. Nuansa alam yang alami membuat burung-burung di kawasan ini bisa hidup dengan gembira dan tumbuh dengan baik.

Anda pun bisa berinteraksi langsung dengan kawanan burung tersebut.  Atau, Anda juga bisa mengamati burung-burung dari menara pengawas dan binocular yang tersedia.

Jika Anda tidak ingin hanya berjalna-jalan berkeliling di lahan hutan mangrove ini, maka Anda pun boleh menikmati wisata air disini. Ya, taman ini juga menyediakan wisata air. Konsep wisata air yang ditawarkan adalah dengan berkeliling menggunakan perahu di atas air di wilayah konservasi ini.

Di atas perahu, Anda pun akan diajak menyusuri vegetasi tanaman mangrove yang telah ditanam dan tumbuh dengan subur di kawasan ini. Nah, jika Anda pun ingin ikut melestarikan alam, di tempat ini Anda pun bisa mengambil paket penanaman pohon mangrove.

Cukup membayar harga paket sekitar Rp 150.000 hingga Rp 200.000, maka Anda sudah bisa mendapatkan bibit tanaman mangrove yang bisa Anda tanam sendiri. Dalam satu paket penanaman, Anda pun akan mendapatkan kaos dan makan siang.

Bahkan, Anda juga bisa mendapatkan papan nama Anda sendiri yang ikut di tanam di depan pohon Anda. Di papan tersebut, Anda bisa menuliskan pesan Anda. Nah, hal ini bisa Anda jadikan nostaligia jika suatu ketika Anda kembali lagi ke tempat ini.

Jika ingin tinggal lebih lama menikmati suasana hutan mangrove, maka tempat ini pun menyediakan penginapan yang pas untuk Anda. Anda bisa memilih untuk menyewa bungalow yang menyerupai tenda kayu berkapasitas dua orang, atau menyewa vila untuk satu keluarga.

Sayangnya, di tempat ini, pihak pengelolanya tidak memberi kebebasan pada pengunjung untuk mengambil gambar dengan kamera DSLR. Entah kenapa, Anda pun jadi tidak bisa membawa serta kamera DSLR masuk ke dalam taman wisata alam ini, kecuali jika Anda membayar biaya yang cukup mahal, yakni sekitar Rp. 500.000, hanya untuk membawa satu kamera masuk.

Jadi, satu-satunya jalan jika Anda ingin mengabadikan momen Anda ketika menikmati pesona wisata alam di PIK, hanya dengan kamera ponsel saja. Beruntung kalau Anda bisa membawa ponsel dengan kualitas kamera bagus. Jadi, gambar yang bisa Anda peroleh pun bisa cukup memuaskan meski tak menggunakan kamera digital.

Itulah ulasan kami, tempat wisata alam pantai indah kapuk.

Postingan terkait: