Pesona Pantai Sawarna Banten

Anda pernah mendengar Pantai Sawarna? Pantai ini merupakan bagian dari desa wisata Sawarna yang terletak di Kabupaten Lebak, Banten. Desa yang masih asri dan baru mulai populer ini memiliki keindahan alam yang cantik sehingga bisa dijadikan objek wisata.

Pesona Pantai Sawarna Banten

Bahkan tak hanya cantik, pesona alam yang ditawarkan desa wisata Sawarna terbilang lengkap. Di tempat ini, Anda bisa menemukan objek wisata alam mulai dari goa, hutan, sungai, panjang tebing, agrowisata dan yang paling tenar adalah pantainya yang dikenal juga dengan Pantai Sawarna.

Menyaksikan indahnya pantai sawarna

Pantai Sawarna berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Tak ayal pantai ini pun memiliki ombak khas pantai selatan yang umumnya besar dan berarus kuat. Karena letaknya yang berada di pesisir selatan, pantai ini pun seringkali dihubungkan dengan Sang Legenda Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul.

Meski demikian, kisah mistis tidak terlalu membuat para wisatawan menjadi takut untuk mengunjunginya. Justru ombak inilah yang menjadi daya tarik Pantai Sawarna terutama bagi wisatawan yang gemar berselancar.

Umumnya, wisatawan yang berselancar di pantai ini justru banyak yang berasal dari luar negeri. Hal ini karena olahraga air seperti selancar memang lebih banyak diminati para wisatawan asing, sementara olahraga air ini masih kurang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Jadi, justru wisatawan asing lah yang biasanya betah berlama-lama menikmati Pantai Sawarna Banten ini.

Garis Pantai Sawarna cukup panjang, yakni mencapai 65 km. Garis pantai yang panjang ini dikombinasi dengan pasir putih nan bersih menjadikan bibir pantai Sawarna semakin mempesona. Apalagi, air laut yang bergelombang itu pun begitu jernih dan bersih, membuat karang-karang kecil di dalamnya tampak indah menghiasi lautan.

Pesona dari pantai ini juga terletak pada perbukitan hijau yang membingkai pemandangan di sekitaran pantai. Apalagi, suasana pantai yang masih hening mampu membuat perasaan Anda menjadi lebih nyaman dan tenang. Pantai ini memang belum begitu populer sehingga pengunjungnya pun masih jarang.

Jika Anda menyukai profil pantai ini, maka Anda bisa datang langsung untuk membuktikan kecantikan Pantai Sawarna Banten ini. Untuk dapat ke Pantai Sawarna, Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 150 km dari Rangkasbitung.

Jika Anda menempuh perjalanan dari Jakarta, Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 270 km atau sekitar 7 jam perjalanan. Karena lamanya perjalanan, maka lebih baik jika Anda menjadwalkan untuk liburan di desa ini selama seharian penuh dan baru pulang keesokan harinya. Sehingga kelelahan Anda di perjalanan tidak terlalu berat. Anda bisa beristirahat di penginapan yang banyak tersedia di kawasan wisata desa ini.

Jangan khawatirkan soal perjalanan panjang yang harus Anda tempuh menuju tempat ini. Suasana pantai nan apik, ditambah desa wisata Sawarna yang menawarkan wisata alam nan lengkap siap membayar kelelahan perjalanan Anda.

Anda pun tak perlu khawatir dengan jalanan yang tersedia menuju ke pantai ini. Akses jalan menuju ke tempat wisata ini terhitung mulus dan bisa dilalui dengan nyaman. Terlebih, pemerintah setempat terus mengadakan perbaikan terhadap fasilitas akomodasi sekitar untuk meningkatkan minat wisatawan mengunjungi salah satu surga wisata Banten ini.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi untuk berkunjung ke Pantai ini, dari Jakarta Anda bisa memilih dua rute, yakni dari timur atau dari jalur barat, dengan rute:

Jalur Timur : Tol Jagorawi - Ciawi - Cibadak - Pelabuhan Ratu - Sawarna.
Jalur Barat : Tol Merak - Serang Timur - Pandeglang - Gunung Kencana - Malingping - Bayah - Sawarna.

Jalur yang biasanya disarankan adalah jalur timur karena suasananya yang lebih ramai dan terhitung aman. Jika Anda mengambil jalur barat, suasana perjalanan akan lebih sepi dan cenderung gelap. Hal ini tentu akan lebih beresiko jika Anda menemukan kesulitan atau membutuhkan bantuan. Jalur barat juga masih jarang tersedia tempat makan dan tempat pengisian bahan bakar.

Jika Anda ingin berkunjung dengan memanfaatkan kendaraan umum, maka Anda bisa menggunakan bis jurusan Pelabuhan Ratu. Dari pelabuhan ratu, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Sawarna menggunakan Elf. Yang perlu Anda ketahui, kendaraan umum menuju desa ini hanya tersedia sampai jam 5 sore, jadi pastikan Anda tidak ketinggalan bis.

Postingan terkait: