Pesona Keindahan Pantai Sepanjang

Menikmati pesona keindahan pantau sepanjang, Gunung Kidul Yogyakarta - Siapa yang tak mengakui bahwa Daerah Istimewa Yogyakarta ternyata mewarisi deretan pantai yang istimewa pula. Pesona keindahannya sungguh tak terbantahkan. Salah satu wilayah dengan deretan pantai yang banyak dan menarik adalah wilayah Gunung Kidul.

Pesona Keindahan Pantai Sepanjang

Ada banyak sekali pantai di Gunung Kidul yang indah dan sudah sering menjadi tujuan wisata para wisatawan. Sebagian, ada juga yang masih asri dan alami serta sepi pengunjung. Salah satu pantai indah yang sudah mendapat pengakuan dari para wisatawan adalah Pantai Sepanjang.

Anda pernah mendengar nama pantai itu? Ya, sesuai dengan namanya yang sepanjang, pantai ini memang memiliki garis pantai yang panjang, bahkan termasuk yang terpanjang di antara pantai- pantai lain di daerah Gunungkidul.

Pantai luas di Gunung Kidul yang menawan

Di pantainya yang luas ini, ada hamparan pasir putih yang menyelimutinya. Pasir putih ini tampak indah memenuhi sepanjang sisi barat ke timur pantai, dan berbatasan langsung dengan perbukitan batu karang yang tegak berdiri dengan kokoh.

Pantai yang segaris dengan Pantai Sundak – Kukup – Baron ini pun tak kalah indah dengan deretan pantai lain di sekitarnya. Salah satu panorama spesial dari pantai ini adalah nuansa keindahan Kuta Tempo Doeloe yang masih asli.

Bahkan, nuasa kealamian dari pantai ini pun seperti memancarkan pesona khas dari salah satu pantai paling populer di Indonesia, yakni Pantai Kuta. Banyak yang mengakui bahwa pantai ini memiliki nuansa Pantai Kuta tempo dulu yang begitu asri. Jadi, jika Anda ingin bernostalgia atau ingin tahu bagaimana suasana Pantai Kuta Bali di jaman dulu, maka Pantai Sepanjang adalah jawabannya.

Begitu memasuki area Sepanjang, selain melihat hamparan luas dari pasir putih, Anda pun akan mendengarkan nyanyian alam yang berasal dari gelombang ombak di lautan yang berkolaborasi dengan suara hembusan angin.

Di bawah teriknya sinar sang mentari, Anda pun bisa menyaksikan batu- batuan karang yang tampak bertebaran dengan keindahannya. Bebatuan karang tersebut ada yang bersembunyi di bawah air laut dan ada juga yang muncul sebagai bukit-bukit penjaga di bibir pantai.

Jika air laut sedang dalam keadaan surut, maka keindahan dari pantai ini pun akan semakin tampak jelas. Saat itu, ceruk-ceruk batu akan mulai tersibak dari perairan. Lalu, di antara belantara batuan karang tersebut, Anda pun akan bisa menyaksikan dengan jelas bagaimana habitat dari beraneka ragam biota laut.

Jika air laut sedang surut, selain bisa memandang keindahan yang lebih, tempat ini pun jadi sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar pantai. Karena saat itu beragam biota laut muncul, maka hal ini pun dimanfaatkan para penduduk.

Mereka seringkali mengambili rumput- rumput laut yang muncul. Rumput laut yang dikumpulkan bisa digunakan untuk konsumsi pribadi, atau pun untuk dijual kembali dalam bentuk makanan olahan.

Namun, jangan sampai Anda bermain terlalu jauh ke tengah ketika air laut sedang surut. Tentu saja hal ini sangat berbahaya. Karena meski Anda menginjak wilayah daratan pantai yang tak berair, ternyata pantai ini punya jebakan alam berupa ceruk- ceruk.

Ceruk- ceruk ini bisa jadi menjebak Anda jika Anda tak waspada. Karenanya, untuk mencegah berbagai hal yang tak diharapkan, biasanya kunjungan di Pantai Sepanjang ini akan ditutup ketika sinar matahari mulai merekahkan senja di ufuk barat.

Namun, Anda tentu masih boleh menyaksikan pesona matahari tenggelam di pantai ini. Suasana penuh romantisme dengan latar belakang cahaya kemerahan dari matahari akan menjadi salam perpisahan sebelum Anda kembali ke rumah Anda.

Postingan terkait: