Perbedaan Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan

Asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan tidaklah sama, hanya konsep dasarnya yang sama, yaitu sama-sama menabung atau berinvestasi untuk mendapatkan nilai tunai yang diinginkan nasabah yangg tercantum dalam kontrak, dimana apabila nasabah mengambil produk asuransi pendidikan, nasabah terikat kontrak dengan perusahaan asuransi dan apabila nasabah mengambil produk tabungan pendidikan, nasabah terikat kontrak dengan bank.

Perbedaan Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan

Adapun perbedaan asuransi pendidian dan tabungan pendidikan adalah sebagai berikut :


Tabungan Pendidikan :

1. Cocok digunakan dalam tabungan dana pendidikan dengan jangka pendek. Tepatnya, pada umumnya 2 tahun sampai 5 tahun.
2. Tidak memiliki bunga besar, karena produk tabungan. Untuk itu, ini hanya dikenakan dengan yang namanya biaya admininstrasi.
3. Terdapat manfaat asuransi, yaitu asuransi jiwa saja. Untuk itu hal ini tidak termasuk asuransi kesehatan. Apabila tertanggung meninggal dunia, maka ahli waris mendapat dana sebesar dari nominal yang sudah ada dan tercantum didalam kontrak, dan melindungi setoran akibat resiko kematian dan mengantisipasi terhentinya setoran rutin dari tabungan yang didapat.
4. Bunga yang biasanya diberikan sekitar 3% sampai 6%.

Asuransi Pendidikan :

1. Tabungan periode panjang, biasanya periode waktu menabung sekitar 10 th..
2. Bukan sekedar memperoleh faedah asuransi jiwa, namun juga asuransi kesehatan, di mana jika berlangsung kemungkinan sakit serta mesti dirawat inap dirumah sakit, jadi cost tempat tinggal sakit dijamin oleh perusahaan asuransi.
3. Bunga jauh semakin besar daripada tabungan pendidikan yakni sekitar 15% – 23% per tahunnya
4. Jika berlangsung kemungkinan kematian pada Anda yang mengakibatkan setoran premi asuransi berhenti sesaat si anak belum memperoleh dana pendidikannya dengan cara utuh, jadi pihak perusahaan asuransi menanggung dana pendidikan bakal tetaplah diberikan. Dengan mengambil asuransi pendidikan bermakna Anda menabung sekalian mengambil asuransi jiwa dengan cara berbarengan. Untuk orangtua yang menginginkan beli asuransi jiwa serta dana pendidikan anak dengan cara terpisah pastinya product asuransi pendidikanmenjadi tak efisien dalam persiapan dana pendidikan anak.

Ada ketidaksamaan mendasar dari keduanya, tetapi dari segi Anda, ke-2 product ini tetaplah mempunyai system yang sama : lakukan investasi dengan cara teratur serta sekalian memproteksinya pada kemungkinan kematian dengan asuransi jiwa.

Postingan terkait: