Pengertian Hukum Bisnis Online di Indonesia dan Menurut Syariah Islam

Pada artikel formulablogger untuk kali ini, memaparkan beberapa perbedaan penjelasan mengenai definisi/pengertian hukum bisnis online menurut beberapa ahli. Pasalnya bagi Anda yang ingin terjun ke dala dunia bisnis atau usaha, tentu sudah seharusnya Anda mengetahui apa itu hukum usaha. Secara umum ada juga istilah lain yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti hukum dagang, perniagaan atau ekonomi.

Pengertian Hukum Bisnis Online di Indonesia dan Menurut Syariah Islam

Namun perlu Anda ketahui bahwa ada banyak hal yang terkait dengan bisnis yang tdak terdapat pada KUHD. Oleh karena itu supaya Anda lebih paham mengenai apa saja penjelasan hukum pada bisnis menurut beberapa orang ahli, berikut ini penjelasannya.

Penjelasan hukum bisnis menurut ahli dan syariah Islam


Agama Islam juga mengatur tentang hukum dalam berbisnis ini, sehingga seharusnya para pebisnis yang beragama Islam bisa mentaati hukum-hukum tersebut. Biasanya hukum menurut islam ini juga disebut dengan syariah. Nah, supaya lebih jelasnya, silahkan simak beberapa poin-poin penting berikut ini.

1. Munir Fuady

Menurut Munir Fuady hukum pada bisnis bisa diartikan sebagai sebuah perangkat hukum termasuk bagaimana upaya penegakannya untuk mengatur tata cara pelaksanaan kegiatan perdagangan, industri dan keuangan di mana ketiganya saling terhubungdengan adanya proses produksi dan juga tukar menukar barang ataupun jasa. Kemudian uang bagi para pebisnis atau entrepreneur ini dalam risiko dengan tujuan untuk mendapat profit.

2. Abdul R. Saliman, dkk

Kemudian Abdul R. Saliman, dkk juga menyimpulkan bahwa hukum dalam bisnis ini adalah sebuah peraturan hukum baik tertulis ataupun tidak yang mengatur segala hak dan juga kewajiban karena perjanjian atau ikatan-ikatan yang terjadi pada sebuah praktik bisnis. Secara umum penjelasannya lebih ringkas ketimbang pengertian dari Munir Fuady.

3. Dr. Johannes Ibrahim, SH, M.Hum

Selain itu ada juga pendapat mengenai hukum pada bisnis yang diutarakan oleh Dr. Johannes Ibrahim, SH, M.Hum, di mana hukum pada bisnis sendiri diartikan sebagai perangkat kaidah hukum yang ada dengan tujuan untuk mengatur ataupun menyelesaikan masalah-masalah muncul antara satu orang dengan orang lainnya dalam bidang bisnis atau perdagangan.

4. Menurut Islam

Sedangkan menurut agama islam, hukum pada bisnis ini bisa diartikan sebagai aktivitas manusia yang terkait nilai-nilai Ketuhanan dan sesuai dengan Firman Allah di dalam kitab suci Al-Qur’an. Selain itu diartikan juga sebagai tindak tanduk manusia terkait dengan nilai kemanusiaan yang menengahkan akhlak terpuji. Bisa juga diartikan sebagai penegakkan prinsip-prinsip untuk menyamakan hak dan kewajiban antara sesama manusia.

Allah berfirman: “…. Pada har ini dihalalkan bagimu yang baik-baik…” (QS Al-Maidah:5). Maka dari itu dalam islah hukum pada bisnis juga bisa diartikan segala hal baik yang dihalalkan oleh Allah.

Nah, dari beberapa penjelasan hukum dalam bisnis menurut beberapa ahli dan juga menurut agama Islam, mungkin bisa ditarik kesimpulan bahwa hukum dalam bisnis ini adalah perangkat hukum yang digunakan untuk mengatur segala macam praktik dagang atau bisnis yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan tertentu.

Sedangkan dalam agama Islam, bisa diambil kesimpulan yang sangat singkat. Bahwa hukum dalam bisnis merupakan segala sesuatu yang dihalalkan oleh Allah terkait dengan aktivitas manusia dalam perdagangan.

Nah, itulah yang menjadi penjelasan singkat dari blog sederhana formulablogger.com dan inilah yang bisa kami sampaikan mengenai apa itu hukum bisnis menurut beberapa sudut pandang yang berbeda. Namun jika Anda masih belum puas, Anda bisa menemukan penjelasan lebih lengkap di literatur lainnya. Sekian dan semoga bermanfaat.

Postingan terkait: