Menikmati Anggunnya Nuansa Wisata Kota Jember

Jember terletak di wilayah Jawa Timur tepatnya di wilayah Pulau Jawa bagian selatan. Wilayah ini banyak dipenuhi dengan pegunungan dan perbukitan. Dan juga, karena letaknya yang berbatasan dengan pesisir selatan, maka Jember pun punya beberapa wilayah pantai.

Menikmati Anggunnya Nuansa Wisata Kota Jember

Menikmati anggunnya nuansa Wisata Kota Jember


Nah, nuansa pegunungan dan pantai dari Jember inilah yang membuat Jember begitu spesial dan layak dijadikan tempat wisata favorit untuk Anda. Jika Anda pernah datang menikmati tempat- tempat wisata di Jember, Anda tentu juga akan mengakui keindahannya. Lalu, mana saja tempat wisata di Jember yang paling populer bagi wisatawan?

1. Pantai Bandealit Jember

Pantai Bandealit Jember menawarkan panorama alam pantai yang sungguh menawan. Kombinasi pasir dan lautan yang bersih di pantai ini sedap untuk dipandang. Tak hanya itu, Anda pun bisa menikmati beragam kegiatan olahraga air yang menantang seperti body surfing atau menyusuri sungai yang ada di sekitarnya dengan speedboat atau kano.

Menariknya lagi, pantai ini juga memiliki objek wisata lain yang menarik di sekitarnya, yakni penangkaran rusa timor dan Green House. Tentu saja bermain-main dengan rusa ini akan sangat seru. Tak kalah seru, di Green House, Anda juga dapat menikmati beragam koleksi tanaman bunga anggrek yang cantik.

2. Kawasan Puncak Rembangan Jember

Tempat wisata di Jember satu ini berlokasi sekitar 15 km ke arah utara pusat kota Jember. Kawasan Puncak Rembangan Jember berada di kawasan pegunungan yang terletak di ketinggian 650 mdpl.

Kawasan ini punya agrowisata yang hijau dan menyejukkan yang bisa Anda nikmati. Selain itu, ada juga pemandian yang dialiri mata air alami yang tampak sangat bersih dan jernih sehingga akan memanjakan Anda. Menikmati panorama alam kota Jember akan sangat indah jika dipandang dari Puncak Rembangan Jember sambil menikmati wisata kuliner yang ada disini.

3. Taman Botani Jember

Taman Botani Jember menyajikan konsep wisata alam dengan tema pendidikan. Jadi, di tempat wisata satu ini, selain bisa menikmati sajian alamnya yang indah, Anda pun bisa sekaligus belajar tentang alam.

Taman Botani Jember mempunyai visi untuk mengajak wisatawannya yang datang agar bisa lebih mencintai lingkungan. Di taman yang terletak 11 km dari barat alun-alun Jember ini memiliki kebun herbal yang didalamnya ditumbuhi oleh 300 jenis tanaman obat-obatan.

Selain tanaman herbal, taman botani ini juga punya aneka hewan lucu yang siap menghibur liburan Anda. Misalnya saja ada kalkun, cendrawasih, rusa, angsa, merpati, merak, dan hewan lainnya.

4. Situs Duplang Jember

Situs Duplang merupakan sebuah wisata sejarah yang menawarkan aneka koleksi peninggalan masa megalitikum yang menawan. Tempat ini punya beragam kubur batu, batu kenong, dan juga menhir yang tampak eksotis.

Situs sejarah yang terletak di Desa Kamal, Kecamatan Arjasa, Jember ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke- 4 Masehi. Asumsi ini sekaligus membuktikan bahwa pada jaman purba, manusia telah hidup berkelompok, menetap dan bercocok tanam di wilayah Desa Kamal.

5. Air Terjun Tancak Jember

Air Terjun Tancak berada di wilayah perbukitan Tancak, Desa Suci, Kecamatan Panti atau sekitar 16 kilometer arah barat daya kota Jember. Panorama alam bukit yang dihiasi air terjun ini sungguh tampak menawan. Air terjun setinggi 82 meter ini memiliki debit air 150 meter kubik per detik.

Meski untuk tiba di air terjun ini Anda harus berjalan kaki sejauh 3 kilometer dari Desa Suci, namun rasa lelah Anda akan terbayarkan dengan panorama air terjun Tancak ini. Apalagi, lintasan pendakian menuju ke air terjun ini pun aman dan cukup nyaman untuk dilalui.

Postingan terkait: