Gejala dan Cara Mengatasi Keputihan

Gejala dan cara mengatasi keputihan - Keputihan adalah cairan putih yang keluar dari organ intim seorang wanita yang diakibatkan oleh kurangnya kebersihan, kurang olahraga, stress dan lain sebagainya. Jika dibiarkan, keputihan bisa menimbulkan penyakit berbahaya. Mulai dari rasa gatal hingga kanker serviks. Untuk mewaspadai keputihan, anda perlu mengerti gejala - gejala penyakit ini.

Gejala dan Cara Mengatasi Keputihan

Berikut adalah 2 gejala dan cara mengatasi keputihan:

Gejala Keputihan

1. Keluar cairan putih berbau tidak sedap

Hal pertama yang menandakan anda mengalami keputihan adalah keluarnya cairan berwarna putih dari organ intim anda. Keputihan tahap rendah adalah keputihan yang tidak menimbulkan bau. Sedangkan keputihan pada tingkat medium akan menimbulkan bau tidak sedap. Keputihan pada tahap parah adalah keputihan yang mengeluarkan bau busuk dan keluar beserta darah. pada kondisi ini, anda harus memeriksakan diri ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

2. Timbulnya rasa gatal di vagina

Gejala selanjutnya bahwa anda sedang mengalami gangguan keputihan adalah rasa gatal pada daerah vagina. Jangan menggaruknya karena akan menimbulkan iritasi. Lebih baik anda membersihkannya menggunakan sabun khusus.

Cara Mengatasi Keputihan

Untuk mengatasi keputihan, kita dapat melakukan beberapa cara. Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi keputihan.

1. Pakai sabun khusus antiseptik

Sebagai tahap awal, anda dapat menyembuhkan keputihan dengan cara membersihkan organ intim anda menggunakan sabun khusus antiseptik. Biasanya sabun antiseptik ini dilengkapi dengan kandungan daun sirih. Baca aturan pemakaian sebelum memakainya agar anda tidak salah dosis. Dosis yang berlebihan akan membunuh bakteri baik di organ intim anda. Jika sudah beberapa hari, keputihan belum juga berkurang, periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat

2. Minum jamu tradisional

Selain biayanya murah, jamu tradisional juga tidak menimbulkan efek buruk karena kandungannya yang alami. Jamu tradisional yang bisa anda gunakan untuk menyembuhkan keputihan adalah jamu daun beluntas. Cara membuatnyapun sangat mudah yaitu hanya dengan merebus daun beluntas, kayu rapet, temu kunci, kunyit, dan temulawak secara bersamaan. Rebuslah hingga airnya berkurang hingga 60%.  Sesudah itu, minumlah jamu itu dalam keadaan hangat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah 2 gejala dan cara mengatasi keputihan yang perlu untuk anda coba. Semoga bisa bermanfaat.

Postingan terkait: