Gaya Hidup Sehat, Alternatif Penumbuh Rambut

Penumbuh rambut - Rontok yang berkepanjangan dan parah bisa membuat kepala menjadi botak. Bayangkan jika setiap harinya rambut rontok lebih dari 50 helai atau bahkan mencapai 100 helai maka yang akan terjadi adalah sebagian kepala kita akan botak. Apalagi jika rambut rontok tersebut tidak dapat tumbuh lagi. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan rambut tidak tumbuh antara lain karena stres, karena adanya jamur, sakit di kulit kepala, terlalu banyak bahan kimia yang digunakan, pola hidup yang tidak sehat, karena gangguan hormon, serta karena merokok. Jadi dapat disimpulkan bahwa gaya hidup kita mempengaruhi kondisi badan, termasuk rambut.

Alternatif Penumbuh Rambut

Bagi yang ingin mempunyai rambut indah, bebas rontok dan lebat maka cukup dengan membiasakan pola makan yang baik, terutama yang mengandung protein tinggi. Dikatakan demikian karena 90 % rambut terbuat dari protein. Kita tidak perlu mahal-mahal membeli obat penumbuh rambut karena jika tidak dibarengi dengan gaya hidup yang sehat maka akan sia-sia. Selain itu, kita juga harus istirahat yang cukup, sering mengkonsumsi jus yang terbuat dari pisang, madu, yogurt dan susu rendah lemak. Jangan lupa pula untuk memijat kulit kepala saat hendak tidur malam dan setelah keramas. Jika hal-hal tersebut dilakukan maka keinginan kita untuk mempunyai rambut yang lebat, subur, sehat, dan indah bisa terpenuhi.

Botak mungkin menjadi gaya untuk tampil beda bagi sebagian orang, utamanya kaum laki-laki. Namun, sesudah botak umumnya rambut akan lama untuk tumbuh dengan sendirinya. Maka dari itu, tak sedikit orang yang menggunakan penumbuh rambut agar rambutnya kembali tumbuh. Cukup banyak obat di pasaran yang fungsinya sebagai penumbuh rambut namun umumnya mahal. Alternatifnya, menggunakan bahan-bahan alami karena lebih aman. Apa saja?

Inilah tips menumbuhkan rambut dengan bahan-bahan alami, antara lain:

1. Telur. 

Telur bagian kuningnya bisa digunakan sebagai salah satu obat penumbuh rambut. Cara menggunakannya yaitu cukup dengan mengoleskan kuning telur pada kulit kepala. Kemudian, pijat kulit kepala kurang lebih 10 menit. Setelah itu jangan lupa untuk mencucinya untuk menghilangkan bau amis. Menumbuhkan rambut dengan telur ini bisa dilakukan 3 hingga 4 kali dalam seminggu.

2. Minyak zaitun. 

Minyak zaitun memiliki banyak fungsi untuk rambut. Selain untuk melembutkan rambut, mencegah kerontokan, juga dapat membantu menumbuhkan rambut. Penggunaannya tidak kalah gampang, yaitu dengan meneteskan 4 hingga  tetes usai keramas sembari memijat kulit kepala. Akhiri dengan mencuci rambut hingga bersih.

3. Lidah buaya. 

Gosokkan daging lidah buaya di kepala sampai merata. Biarkan selama beberapa jam, kemudian bilas hingga bersih. Lakukan 3 kali seminggu.

4.  Campuran asam jawa

Mengurut kepala dengan buah asam jawa yang dicampur dengan air.

5. Menggunakan jarak pagar

Membasahi kepala dengan minyak jarak pagar. Lakukan dengan memijat-mijat kepala, dan lakukan secara rutin seminggu sekali.

6. Olesan cabe yang telah dicampur

Menggunakan campuran potongan cabe rawit ditambah air wangi. Potongan cabe dan air direndam selama 7 hari dan kemudian disaring. Airnya dioleskan ke kepala sebagai obat penumbuh rambut.


Merawat rambut perlu dilakukan dengan baik agar terhindar dari berbagai masalah rambut seperti kerontokan, kekusaman, rambut bercabang, serta berketombe. Dari kesekian masalah tersebut kerontokan adalah hal yang paling banyak terjadi.

Rontoknya rambut bisa membuat botak kepala. Untuk mengatasi hal tersebut saat ini sudah banyak beredar obat penumbuh rambut. Mulai banyak produsen yang mengeluarkan produk siap pakai yang berfungsi sebagai penyubur rambut. Dengan memakai obat tersebut hasilnya memang banyak yang terbukti. Sayangnya, harganya yang tidak murah membuat beberapa kalangan harus berpikir dua kali untuk membelinya. Selain itu, obat penyubur rambut seperti itu memiliki dampak negatif karena umumnya bahan dasar yang digunakan adalah bahan kimia. Oleh karena itu, sebaiknya berhati-hatilah menggunakan obat penyubur rambut. Tanyakanlah atau berkonsultasi bila perlu ke ahli yaitu dokter agar lebih tepat keamanannya lebih terjamin.

Bagaimana? Lebih mudah dan ekonomis bukan? Semoga informasi mengenai obat penumbuh rambut yang alami ini bermanfaat.

Postingan terkait: