Deretan Tempat Wisata di Jogjakarta Yang Jarang Di Kunjungi

Ini deretan tempat wisata di Jogjakarta yang jarang di kunjungi akan tetapi menarik dan pastinya kepengen ketagihan berkunjung lagi. Kota wisata Jogja sudah mendapat tempat tersendiri di hati para wisatawan Indonesia. Kota Jogja menampilkan keanggunan alam yang dikolaborasikan keluhuran budayanya sehingga bisa menampilkan suasana yang khas dan begitu nyaman.

Deretan Tempat Wisata di Jogjakarta Yang Jarang Di Kunjungi

 Apalagi, masyarakat Jogja dikenal ramah dan bersahabat. Tak heran kalau banyak wisatawan yang betah dan ingin selalu kembali berkunjung ke Jogja. Deretan tempat wisatanya yang begitu banyak juga dapat membuat Anda memiliki banyak pilihan tempat wisata.

Menikmati pesona anggunnya kota Jogjakarta, dengan menyaksikan tempat wisata di Jogjakarta


Wisata pantai Jogja saja bisa berjumlah puluhan. Belum lagi, tempat rekreasi lain yang juga menawarkan keindahan tersendiri. Lantas, mana saja tempat wisata di Jogja yang paling mengagumkan untuk Anda nikmati? Ini dia …

Ini dia, Tempat Wisata di Yogyakarta menarik

1. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobodoyo merupakan sebuah museum bersejarah yang telah diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwana VIII sejak tahun 1935. Di museum yang berlokasi di Jalan Trikora No. 6, Pendowoharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta ini, Anda dapat menikmati suguhan arsitektur bangunan khas Jawa yang sungguh anggun.

Di dalam bangunan indah ini, Anda pun bisa menyaksikan beragam koleksi budaya dan sejarah Indonesia yang sangat lengkap. Bahkan, museum Sonobudoyo ini merupakan museum paling lengkap setelah Museum Nasional Republik Indonesia yang ada di Jakarta.

Menariknya lagi, Museum ini pun menampilkan pertunjukan wayang kulit secara rutin setiap pukul 20.00 hingga 22.00. Dalam pertunjukan ini, Anda akan melihat seni budaya Jawa yang juga menggunakan bahasa Jawa dan dengan iringan musik gamelan Jawa.

2. Candi Plaosan

Candi Plaosan berada di dekat Candi Prambanan. Seperti Candi Prambanan yang tersohor karena keanggunannya, Candi Plaosan pun punya kekhasan panoramanya sendiri. Candi bersejarah ini dibangun oleh Rakai Panangkaran, salah seorang raja Dinasti Syailendra, yang juga mendirikan Borobudur dan Candi Sewu.

Keunikan Candi Plaosan ini terletak karena adanya dua candi yang terpisah sehingga membuat candi ini pun disebut sebagai Candi Kembar. Candi Plaosan terdiri dari Candi Plaosan Kidul dan Candi Plaosan Lor yang terpisah pada jarak sekitar 100 meter.

Menariknya lagi, candi ini memiliki corak bangunan yang unik yang merupakan perpaduan dari dua kebudayaan sekaligus, yakni Hindu dan Budha. Konon kabarnya, candi ini mewarisi kekuatan cinta Rakai Pikatan dan Pramudya Wardhani sehingga mampu mendatangkan berkah bagi para pasangan yang datang kemari.

3. Goa Jomblang

Goa Jomblang adalah salah satu tempat wisata di Jogjakarta yang menampilkan suasana menarik dari sebuah gua purba. Gua yang berlokasi di wilayah Desa Jetis Wetan, Kecataman Semanu, Kabupaten Gunung Kidul bahkan hingga disebut sebagai “Cahaya Surgawi”.

Gua ini disebut demikian karena pesona gua ini yang begitu mengagumkan. Jika Anda menyusuri gua ini hingga ke dasarnya, maka Anda pun bisa menemukan lorong alami yang menghubungkan Goa Jomblang hingga ke Goa Grubug.

Di dalam gua ini pun, Anda bisa menyaksikan pemandangan nan eksotis dari stalagmit yang berwarna hijau kecoklatan. Pemandangan ini semakin fantastis dengan hadirnya cahaya matahari yang masuk menembus kegelapan Goa Jomlang ini.

Keindahan dari pantulan cahaya di lantai gua, stalakmit dan stalaktit ini lah yang begitu mempesona sehingga banyak yang menyebutnya sebagai Cahaya Surgawi. Jika Anda ingin ke menikmati semua pemandangan menakjubkan ini, Anda bisa datang ke Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4. Arung Jeram Citra Elo

Arung Jeram Citra Elo menyajikan suasana liburan yang cukup menantang bagi Anda. Namun, Arung Jeram ini terbilang cukup aman dan bersahabat bagi para pemula yang ingin mencoba arung jeram. [Nih, bila masih berkeinginan berwisata di air, tepatnya pantai. Indahnya menikmati wisata di Pantai Krakal].

Arus di sungai ini tidak terlalu deras sehingga Anda pun bisa bermain arung jeram dengan lebih nyaman dan menyenangkan. Menariknya, tak seperti sungai lain di Jogja yang hanya bisa diarungi ketika musim penghujan, Arung Jeram Citra Elo bisa Anda nikmati kapan pun Anda mau.

Postingan terkait: