Macam-macam Badan Usaha Swasta Yang Perlu Anda Ketahui

Selain badan usaha milik negara, di Indonesia juga ada bentuk bentuk badan usaha yang dimiliki oleh pihak swasta atau yang disebut dengan BUMS. Tentunya perusahaan-perusahaan tersebut dikuasai sepenuhnya oleh pihak swasta. Nah, selain BUMN sebenarnya BUMS ini juga memiliki peran yang sangat penting bagi perkembangan ekonomi di Indonesia.

Macam-macam Badan Usaha Swasta Yang Perlu Anda Ketahui

Perusahaan milik swasta ini biasanya berfungsi sebagai rekan kerja perusahaan milik pemerintah dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Tugasnya adalah sebagai rekan dalam mengelola sumber daya, dinamisator perekonomian rakyat dan tentunya untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

Macam-macam Bentuk badan usaha swasta yang harus diketahui

Seperti yang barusan kami sampaikan bahwa BUMS berperan cukup penting sebagai mitra BUMN. Dengan adanya badan usaha milik swasta ini kesempatan kerja masyarakat semakin terbuka lebar. Lalu bentuk badan usaha seperti apa saja yang dikelola oleh swasta? Simak beberapa poin penting berikut ini.

1. Badan Usaha Perseorangan

Jenis yang pertama adalah bentuk badan usaha perseorangan, di mana perusahaan ini didirikan oleh individu atau satu orang. Modal yang digunakan untuk memulai usaha tersebut tentu saja berasal dari orang tersebut. Pemimpin dan penanggung jawabnya pun ditanggung sendiri oleh orang yang mendirikan perusahaan tersebut. Termasuk mengenai laba atau keuntungan yang ia dapatkan.

2. Badan Usaha Firma

Badan usaha milik swasta yang kedua adalah Firma, di mana orang yang mendirikannya biasanya terdiri dari dua orang atau lebih atau yang disebut dengan persekutuan. Jadi perusahaan yang mereka jalankan tersebut adalah atas nama bersama, bukan individual. Berbeda dengan badan usaha perseorangan, dalam Firma setiap orang punya tugas dan tanggung jawab masing-masing pada perusahaan tersebut.

3. Badan Usaha Persekutuan Komanditer

Selain itu Anda juga pasti mengetahui CV atau Commanditaire Venootschap atau Persekutuan Komanditer. Nah, bidang usaha yang satu ini adalah usaha swasta yang didirikan oleh dua orang atau lebih. Akan tetapi perbedaannya dengan Firma adalah, beberapa orang pada CV hanya menyerahkan modalnya saja. Sedangkan sekutu lainnya bertugas menjalankan perusahaan tersebut.

4. Badan Usaha Perseroan Terbatas

Selain CV Anda juga pasti mengetahui PT atau Perseroan Terbatas, suatu perusahaan yang didirikan oleh persekutuan atau lebih dari satu orang di mana modalnya diperoleh dengan mengeluarkan saham atau sero. Nah, setiap orang yang terkait pada perusahaan tersebut memiliki satu saham atau lebih.

Tanggung jawab yang dipikul oleh masing-masing pemegang saham pun besarnya sama dengan modal yang mereka jelaskan. Dan untuk mendirikan PT pihak terkait harus memiliki izin dan juga akta notaris, sehingga PT ini berbentuk badan hukum.

5. Badan Usaha Koperasi

Bentuk badan usaha swasta yang terakhir adalah koperasi, di mana koperasi adalah suatu badan usaha yang anggotanya terdiri dari orang-seorang atau badan hukum yang melandaskan kegiatan berdasar prinsip koperasi. Tujuan didirikannya koperasi adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat umum dan juga orang-orang yang menjadi anggotanya. Dijalankannya koperasi ini pun juga dilandasi dengan Pancasila dan UUD 1945.

Nah, itu tadi adalah lima bentuk bentuk badan usaha swasta yang ada di Indonesia dan juga penjelasannya. Semoga mulai sekarang Anda tidak lagi bingung membedakan apa itu perusahaan perseorangan, Firma, CV, PT, ataupun koperasi. Paslanya bagi seorang pebisnis tentu saja wajib mengetahui apa saja perbedaan kelima badan usaha tersebut. Sekian artikel kali ini dan semoga bermanfaat.

Postingan terkait: