Apa Itu Keputihan dan Apa Saja Pemicunya?

Apa itu keputihan dan apa saja pemicunya? Keputihan adalah sejenis gangguan pada organ intim seorang wanita dimana dari organ tersebut akan keluar cairan berwarna putih. Banyak wanita yang menganggap bahwa keputihan adalah hal yang lumrah dan tidak memerlukan penanganan khusus. Padahal, keputihan adalah gangguan yang bisa mengakibatkan banyak penyakit ganas seperti kanker serviks. Akibat lain yang ditimbulkan oleh keputihan adalah kemandulan, kehamilan diluar rahim bahkan kematian. Melihat begitu berbahayanya keputihan, anda wajib paham mengenai faktor penyebab keputihan agar anda bisa menghindarinya.

Apa itu keputihan dan apa saja pemicunya

Inilah yang menjadi pemicu dari keputihan:

1. Kebersihan yang kurang

Vagina adalah organ yang harus selalu dijaga kebersihannya. Jika anda kurang menjaga kebersihan vagina, maka berbagai penyakit akan mengancam anda. salah satu diantaranya adalah keputihan. Keputihan akan mengakibatkan kelembapan pada vagina yang berlebihan sehingga bakteri patogen bisa cepat menyebar hingga akhirnya terjadi infeksi.

2. Terlalu stress

Ketika otak sedang mengalami stres, keseimbangan hormon didalam tubuh seorang wanita akan terganggu dan akan mengakibatkan terjadinya keputihan.

3. Lebih memilih tissue

Kebiasaan membersihkan vagina dengan tissue bisa meningkatkan resiko terjadinya keputihan jika dibandingkan membersihkannya dengan memakai air.

4. Mandi dan berendam dengan air hangat

Keputihan juga disebabkan karena kebiasaan seorang wanita mandi dan berendam didalam air hangat. Hal ini terjadi karena suhu air yang hangat tidak cocok dengan suhu normal vagina.

5. Kebiasaan bertukar celana dalam

Jika anda terbiasa saling bertukar celana dalam dengan teman atau saudara anda, sebaiknya anda segera menghentikan kebiasaan itu. Hal ini untuk menjaga vagina anda selalu dalam keadaan bersih dan sehat. Lagipula anda juga tidak tau apakah teman anda itu memiliki penyakit menular atau tidak.

6. Terbiasa mengenakan celana dalam yang ketat

Celana dalam yang terlalu ketat tidak baik untuk proses perkembangan vagina. Selain itu, celana dalam yang terlalu ketat akan membuat vagina sulit bernafas yang kemudian bisa menimbulkan keputihan.

7. Kurang olahraga

Kurangnya olahraga juga menjadi pemicu terjadinya keputihan. Biasakan  melakukan olah raga setiap hari untuk mencegah terjadinya keputihan.

Itulah 7 pemicu terjadinya keputihan yang wajib anda hindari. Sekian, semoga bisa memberi banyak manfaat.

Postingan terkait: